CONTOH PENDAHULUAN MAKALAH

ketemu lagi gan, kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai contoh pendahuluan makalah. yang biasanya bagi para pemula merasa kesulitan, sebenarnya pendahuluan itu apa sih… tidak panjang lebar gan langsung saja… tidak enak kalau ceramah lama-lama di tulisan ini. hehe

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pada era kontemporer ini, term islam sebagai ideologi politik sudah banyak diperbincangkan oleh berbagai kalangan.

Keberlangsungan negara islam pada saat ini dipandang oleh berbagai tokoh merupakan konsep yang utopis sehingga hanya menari di alam ide tanpa ada realisasi yang nyata. Salah satu kelompok yang mempunyai utopis akan keberlangsungan negara islam adalah kelompok – kelompok kanan yang dalam hal ini diwakili oleh Hizbutahrir . Kelompok ini menganggap bahwa kemerosotan moral, kemiskinan, korupsi dan degradasi bangsa merupakan implikasi dari negara yang menganut sistem demokrasi dengan tidak mengindahkan syariat islam sebagai dasar negara.
Namun sangat berbeda apa yang disampaikan oleh kelompok kanan, kelompok kiri menganggap bahwa konsep negara islam tidak akan tercapai dan hanya selesai pada angan-angan belaka karena di era yang moderen ini harus ada pembagian yang proporsional antara agama dan negara serta ajaran islam itu tidak layak digunakan sebagai ideologi politik karena ini akan menimbulkan persoalan baru jika di terapkan karena indonesia ini merupakan negara yang plural dan multikultural.
Perdebatan di atas menjadi menarik karena baru timbul pada era kontemporer ini mengingat klaim masing-masing kelompok akan kekuatan dan pengaruh dari perkembangan peradapan dewasa ini. Dengan persoalan kemasyarakatan dan kenegaraan yang begitu hebat maka konsep nagara islam (khilafah) perlu di pikirkan ulang apakah bisa menjadi solusi ataukah malah menimbulkan persoalan baru.
Disini penulis mengkaji pemikiran Prof. Dr. Dawam Raharjo, sebagai tokoh intelektual muslim yang cemerlang mengingat pemikiran-pemikirannya yang kontroversial terhadap term ajaran islam dan konsep kenegaraan yang ideal. Apalagi tokoh ini disamakan oleh berbagai kalangan sebagai tokoh pemikir yang kapasitas keilmuannya menyetarai pemikir – pemikir besar yang ada dibarat dan timur bahkan ada yang menganggap juga setara dengan Jurgen Habermas dan John Rawls.
Baik Habermas, Rawls maupun Dawam Rahardjo terobsesi untuk menciptakan tatatan sosial dan politik yang adil, yakni tatanan yang menghargai manusia sebagai mahluk yang bebas dan otonom. Dalam bidang pemikiran teoritis, para neo-Kantian ini juga senantiasa percaya terhadap prinsip kebebasan dan otonomi rasio, meskipun mereka menolak asumsi-asumsi metafisik dari Immanuel Kant. Tapi yang pasti, mereka tidak akan pernah menolak untuk senantiasa menubuatkan kepada setiap manusia guna berani menggunakan akal budinya sendiri secara optimal tanpa harus takut pada apapun. Sapere Aude!

contoh pendahuluan makalah

contoh pendahuluan makalah yang baik

untuk mengetahui contoh pendahuluan yang baik maka perlu kiras saudara mengetahui kerangka konsep dari apa yang menjadi pembahasan pada makalah saudara, sehingga secara tidak langsung pendahuluan ini bisa dibuat dengan mudah, karena tinggal tulis aja. sesuai dengan isi otak kita… tapi seyogyanya, membaca buku referensi dulu, kemudian membuat kerangka kajiannya. sehingga sudah memiliki gambaran pendahuluan yang baik itu seperti apa.

mungkin cukup gan, dari saya. mengenai artikel contoh makalah yang baik.

untuk lebih jelasnya silakan pelajari: contoh makalah untuk pemula.

Share This:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *