Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian

Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian

Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian

Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian – Cara yang ketiga inilah merupakan pendekatan yang baik untuk mencapai hasil yang memuaskan dengan catatan apabila dilakukan secara intensif dan teliti. Sebagai suatu kegiatan ilmiah, penelitian memiliki karakteritik kerja ilmiah yaitu:

  1. Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, Mempunyai tujuan penelitian, tujuan merupakan hal yang penting dalam penelitian agar fokus pada tujuan yang akan dicapai, seseorang bergerak kemana-mana karena ada tujuan, mahasiswa pergi ke kampus karena bertujuan mencari ilmu, menambah wawasan dan sebagainya, begitu juga dengan penelitian, tujuan harus di tentukan, agar proses penelitian lebih mudah untuk mengontrol, dengan adanya tujuan yang jelas maka batasan-batasan dan keilmuan akan dipersipkan terlebih dahulu agar tercapai hasil maksimal.
  2. Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, Mencakup kegiatan pengumpulan baru, karena penelitian merupakan proses untuk pengetahuan baru yang menambah khasanah keilmuan, maka perlu adanya data-data baru, pengamatan dan observasi sesuai dengan yang diteliti.
  3. Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, Mencakup kegiatan yang terencana dan sistematis.

Kegiatan perencanaan penelitian yang baik adalah sudah direncanakan secara sistematis sejak tahap awal. Sistematika permasalahan tersebut dituangkan dalam bentuk proposal penelitian yang terdiri:

  1. Judul penelitian
  2. Pendahuluan,
  3. Kajian pustaka
  4. Metode penelitian
  5. Jadwal penelitian, personalia.
  6. Anggaran penelitian dan lampiran-lampiran yang relefan
  7. Mencakup kegiatan secara terkendali.

Maksudnya, dalam batas-batas tertentu peneliti harus menentukan fenomena-fenomena yang akan diamatinya dan memisahkannya dari fenomena lain yang mengganggu. Sehingga akan memudahkan penelitian yang akan fokus pada tujuan hasil penelitian yang tolak ukur sementara pada hipotesis yang telah direncanakan pada proposal penelitian.

  1. Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, Mencakup kegiatan yang objektif.

Maksudnya, bahwa semua pengamatan, telaah yang dilakukan, dan disimpulkan yang diambil oleh peneliti tidak boleh didasari oleh subjektivitas pandangan pribadi dan pengaruh kepentingan fihak lain. Hasil penelitian tidak boleh tercemar oleh pandangan subjektif peneliti ataupun oleh tekanan dari luar.

  1. Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, Mencakup penelitian yang tahan uji.

Maksudnya, menyimpulkan penelitian harus merupakan hasil dari telaah yang didasari oleh teori yang solid dan metode yang benar sehingga siapapun yang akan melakukan replikasi penelitian termaksud tentu akan sampai pada kesimpulan yang serupa.[1] Hasil penelitian merupakan sebuah khasanah keilmuan yang akan memberikan manfaat dan hikmah bagi pembacanya maka harus memberikan data-data yang ontentik dan mendapatkan dari sumber yang jelas mata rantainya.

Metodologi penelitian merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana prosedur kerja mencari kebenaran. Prosedur kerja mencari kebenaran sebagai filsafat dikenal sebagai filsafat epistemology. Kualitas kebenaran yang diperoleh dalam berilmu pengetahuan terkait langsung dengan kualitas prosedur kerjanya.

Mungkin itu sedikit informasi seputar Karakteristik Ilmiah Dalam Penelitian, dalam penelitian ilmiah semoga bermanfaat.

[1] Saifuddin Azwar, Metode Penelitian Kegiatan Ilmiah, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset, 2004), 4

Share This:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *