Tinjauan Umum Tentang Teknologi, Lengkap

Tinjauan Umum Tentang Teknologi

Tinjauan Umum Tentang Teknologi

 1.  Pengertian teknologi

Teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti keterampilan. Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis. Untuk membatasi pengertian teknologi yang luas, maka pengertian teknologi dapat dikelompokan sebagai berikut :

 Teknologi sebagai barang buatan .

Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelemahan. Kelemahan yang ada pada diri manusia itu kemudian diminimalisir dengan adanya teknologi agar kelemahan yang dimiliki manusiapun menjadi sedikit berkurang. Tetapi barang-barang buatan tidak hanya terbatas pada kelemahan manusia saja tetapi sesuatu yang tadinya belum terpikirkan.

Teknologi sebagai kegiatan manusia.

Kegiatan manusia tidak lepas dari kegiatan membuat dan menggunakan. Kegiatan manusia itu merupakan bentuk dari teknologi itu sendiri.

Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan.

Kegiatan membuat dan menggunakan pasti tidak akan lepas dari ilmu membuat (produk) dan ilmu menggunakan (komsumsi). Ilmu tersebut merupakan kumpulan dari pengetahuan yang didapat manusia dari berbagai sumber.

Teknologi sebagai kebulatan system.

Pembahasan yang bulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologi ditinjau sebagai suatu system. Ini berarti teknologi dibahas sebagai suatu kebulatan unsur-unsur yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkungan system itu sendiri.[1]

Secara etimologis, akar kata teknologi adalah “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni[2]

Dari pandangan semacam itu, kemudian teknologi berkembang lebih jauh dari yang dipahami sebagai susunan pengetahuan untuk mencapai tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang dibuat atau diimplementasikan serta metode untuk membuat atau mengimplementasikannya.[3]

Penulis berpendapat bahwa teknologi memiliki pengertian sebagai penerapan ilmu pengetahuan teoritis dalam masalah kehidupan manusia.

2. Unsur-unsur Tinjauan Umum Tentang Teknologi 

Tinjauan Umum Tentang Teknologi – Teknologi yang merupakan sarana dalam menciptakan pelayanan yang cepat, akurat, teratur, akuntabel dan terpecaya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka ada beberapa factor yang mempengaruhi teknologi yaitu: (1)Infrastruktur (2)Sumber Daya Manusia (3)Kebijakan (4)Finansial, dan (5)Konten dan Aplikasi (Soekartawi,2003). Maksud dari faktor di atas adalah:

  1. Pertama, faktor SDM menuntut ketersediaan human brain yang menguasai  teknologi tinggi.
  2. Kedua dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan akses informasi di manapun dengan kecepatan yang mencukupi.
  3. Ketiga, faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang berpihak pada pengembangan teknologi jangka panjang.
  4. Keempat, faktor finansial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuangan lain untuk menyokong industri teknologi.
  5. Kelima, faktor konten dan aplikasi menuntut adanya informasi yang disampai pada orang, tempat, dan waktu yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut dengan nyaman pada penggunanya.[4]

3. Sejarah ringkas perkembangan teknologi[5]

Tinjauan Umum Tentang Teknologi – Perkembangan teknologi seiring dengan peradaban manusia yang selalu mencari metode, dan alat  agar keluar dari permasalahan yang di hadapi manusia Sejarah perkembangan teknologi di bagi dalam 2 fase yang pertama zaman prasejarah dan yang kedua zaman modern. Perkembangan tersebut yaitu :

  1. Pada tahun 2900 SM bangsa Mesir Kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi dengan orang lain seperti perkakas ketika simbol-simbol hierolif di gabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapan serta menunjukkan arti yang berbeda
  2. Tahun 1766-1050 M sistem menulis modern Cina saat ini yang menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata.
  3. Pada tahun 800 an       Ibnu Firmas pertama membangun dan menguji sebuah pesawat terbang. Roger Bacon ilmuan barat belajar dari referensi-referensi islam mengenai pesawat yang di buat oleh Ibnu Firnas. Dia juga yang pertama membuat lensa kaca mata untuk meningkatkan penglihatan sekitar abad ke 9.
  4. Abad ke 10 ahli matematika menggunakan Teorema binomial penggunaanya untuk solusi yang sistematis atas persoalan aljabaar
  5. Pada abad 10 dokter-dokter muslim seperti ar Razi sebagai penemu obat-obatan kemoterapi yakni pemakaian obat-obatan khusus untuk membunuh mikroba.
  6. Tahun 1830 Agust Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia yang bekerja sama Babbage menggunakan mesin analitycal yang di desain mampu menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran sebuah kartu
  7. Tahun 1240 Az- Zahrawi dan Ibnu Zur yang pertama melakukan perawatan dengan anesthesia dan belakangan di akui oleh CW. Long (1845).
  8. Tahun 1877 Alexander Graham bell mengembangkan telepon yang pertama kali di pergunakan secara umum dan mendirikan perusahaan bell telephone company lalu kemampuan fotografi dengan kecepatan tinnggi di temukan pleh edward.
  9. Tahun 1958 telegraf telegraf kabel laut di bawah laut samudra
  10. Tahun 1990 di kenalnya internet yang berkembang pesat hingga saat ini[6]

4. Tujuan dan Manfaat teknologi

Tinjauan Umum Tentang Teknologi – Tujuan teknologi adalah mempermudah manusia dalam menghadapi permasalahan hidupnya, baik permasalah system, pengetahuan, cara atau metode serta alat apa yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Banyak artefak (alat) yang telah diciptakan manusia dan kemudian digunakan untuk membantu mempermudah dalam menyelesaikan masalah hidupnya untuk survive. Pertama memikirkannya dan menelurkan dalam ilmu pengetahuan, mensistemkan dalam rangkaian teori, metode dan cara, kemudian mewujudkan dalam alat teknis yang bekerja. Seperti untuk bercocok tanam dan menggarap sawah manusia menciptakan teknologi pertanian, yaitu : system irigasi, alat cangkul, teras iring, bercocok tanam, sawah, ladang dan lain sebagainya.

       Teknologi sebagai alat telah banyak memberikan kemudahan manusia dalam melakukan aktivitas di berbagai bidang. Artinya teknologi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, diantara manfaat tersebut :

  1. Manusia lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
  2. Manusia dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone c. Manusia mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
  3. Teknologi ekonomi bermanfaat, tampak pada pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, terjadinya industrialisasi, dan produktifitas dunia industri semakin meningkat muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.dan persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
  4. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. dan Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Serta sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
  5. Timbulnya kelas menengah baru dari pertumbuhan teknologi ekonomi
    g. kebebasan politik dan kebebasan berpendapat lebih besar. Proses regenerasi kepemimpinan yang lebih demokratis, dan persaingan perpolitikan internasional yang lebih maju dengan kemudahan teknologi informasi dan komunikasi. Dan kekuatan ekonomi baru regional.[7]

Adapun untuk menangkal dampak negative dari penerapan teknologi perlu ada usaha untuk meminimalkan hal tersebut, beberapa usaha untuk mengurangi akibat buruk yang merugikan manusia ,antara lain :

1)   Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat

2)   Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan ditempat itu.

3)   Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

4)   Ditetapkan Undang-undang No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian,. Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meningkatkan kualitas SDM di tengah bermunculannya dampak negative dari adanya perkembangan IPTEK, sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.

5. Penerapan dalam Tinjauan Umum Tentang Teknologi.

Tinjauan Umum Tentang Teknologi – Teknologi sebagai serangkaian teori yang diterapkan dalam kehidupan manusia telah banyak kita lihat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ;

  1. 1.Bidang Informasi dan komunikasi, Teknologi internet. Memudahkan akses dalam dunia mendapatkan banyak ilmu terbaru yang akurat dengan cepat. Teknologi telepon, berkomunikasi jarak jauh lewat batas tempat dan waktu.
    2. Bidang Ekonomi dan Industri , Teknologi perbankkan, Teknologi percetakan, teknologi perabotan rumah tangga, dan lain-lain. banyakny jenis produksi yang dihasilkan. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Teknologi bisnis yang memudahkan konsumen dan produsen untuk bertransaksi.
  2. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
  3. Bidang Pendidikan, Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain: teknologi media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
  4. Bidang politik, Timbulnya kelas menengah baru, Proses regenerasi kepemimpinan dengan nafas kebebasan dan persamaan semakin kental. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.[8]

Demikian ulasan singkat seputar Tinjauan Umum Tentang Teknologi, semoga bermanfaat.

 DAFTAR PUSTAKA

Agung, “dampak-teknologi-terhadap-kehidupan ht.”, dalam agoengkp.blogspot.com./ diakses 2012/03/18.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Digital

Elearning.unesa.ac.id/pdf-archive/tujuan-dan-manfaat-teknologi.pdf

Susanto, Filsfat Ilmu Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis, Jakarta, Bumi Aksara, 2011.

——,“definisi-iptek-dan-perkembangannya”,dalam http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/definisi-iptek-daperkembangannya/

——, “tujuan-dan-manfaat-teknologi “, dalam elearning.unesa.ac.id/pdf-archive/, 2012/03/18.

——, Perkembangan teknologi, dalam Portal.Paseban.Com/article/3889 .

[1] http://terusbelajar.wordpress.com/2008/08/07/pengertian-teknologi/

[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

[3] http://ajidedim.wordpress.com/teknologi-islami/technology/

[4]elearning.unesa.ac.id/pdf-archive/tujuan-dan-manfaatteknologi.

[5] Susanto, Filsfat Ilmu Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis, (Jakarta, Bumi Aksara, 2011) . 57-65.

[6]Portal.Paseban.Com/article/3889 Perkembangan teknologi

[7]elearning.unesa.ac.id/pdf-archive/tujuan-dan-manfaatteknologi.pdf

[8]elearning.unesa.ac.id/pdf-archive/tujuan-dan-manfaat-teknologi.pdf

Share This:

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *