Bacaan Do’a Qunut Nazila Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya!

adsense-fallback

Bacaan Do’a Qunut Nazila Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya – Pengertian Do’a qunut Nazila adalah Do’a yang khusus dibacakan dalam sholat ketika umat islam sedag mengalami bencana, Wabah, Penyerangan, peperangan, genosida dan lain sebagainya. Rasulullah SAW beserta para sahabatnya pada saat melakukan peperangan selalu membaca Do’a Qunut Nazila.

Membaca Do’a qunut nazila hukumnya adalah sunnah. Hal ini berdasarkan hadist yang berunyi “Sesungguhnya Nabi Sallallahu alaihiwasallam telah membaca do’a qunut pada waktu selain dari subuh ketika turunnya sewaktu pembunuhan sahabat – sahabatnya penghafal al qur’an.”(HR. Bukhari dan Muslim). Hal ini terjada pada zaman rasulullah SAW yang pada saat itu terdapat pembunuhan sahabat Rasulullah berjumlah 60 jiwa.

Do’a Qunut Nazila dibaca pada waktu sholat. Tata cara do’a qunut nazila adalah ketika I’tidal (berdiri setelah rukuk) terakhir dalam sholat. Serta membaca Do’a qunut nazila bisa dilakukan setiap kali sholat fardhu lima waktu. Namun yang pasti adalah bisa dibaca hanya dalam sekali sholat saja. Buka harus sehari semalam saat sholat membaca Do’a Qunut Nazila sesuai sunnah.

adsense-fallback
Do’a Qunut Nazila

Tata cara Do’a Qunut Nazila

Untuk kejadian sekarang ini, Banyak saudara kita yang mengalami musibah. seperti di negara vietnam, banyak orang budha / biksu yang menyerang suku rohingya. yang mana suku rohingya adalah mayoritas muslim. Sehingga banyak umat islam yang mengalami trauma di tanah kelahirannya. Kemudian kasus lain adalah rakyat palestina yang selalu mendapat perlakuan buruk oleh tentara israel. dan pada suatu kejadian pernah terjadi bentrok namun mengakibatkan banyak kaum wanita dan anak – anak palestin meninggal dunia.

Maka dari itu, kita sebagai umat islam disunahkan untuk membaca Do’a qunut nazila untuk palestina pada saat sholat fardhu. dalam rangka bentuk solidaritas kita terhadap umat islam yang ada di negri lain. Membaca do’a qunut nazila adalah salah satu cara kita agar orang – orang islam yang mengalami musibah dapat diberikan kekuatan dan kemenangan oleh Allah SWT.

Namun Jika anda mampu memberikan sesuatu yang lebih selain hanya sekedar membaca Do’a qunut nazila seperti anda dapat menggelontirkan dana triliunan rupiah untuk membantu mereka. Atau anda mampu untuk datang langsung bersama komunitas anda sebagai bentuk solidaritas sesama umat islam maka akan lebih baik. Setidaknya bentuk nyata anda dalam menolong sesama muslim akan lebih terasa selain juga anda membaca Do’a qunut nazila.

Seperti Doa qunut nazilah muzammil hasballah yang banyak beredar di sosial media seperti berandan facebook atau  youtobe. Untuk mendengarkan merdunya Doa qunut nazilah muzammil hasballah maka temukan DI SINI. Dengan demikian, kami akan memberikan teks bacaan Do’a Qunut Nazila dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. agar anda dapat menghafalkan dengan mudah dan langsung dapat mempraktikkan Do’a qunut nazila dalam Sholat fardhu anda.

Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh khalifah Umar Ibnul Khattab r.a, ketika memerangi orang-orang nashrani, bahwasanya beliau membaca qunut dengan doa yang sudah masyhur, diantara adalah sebagai berikut:

Lafadz Bacaan Do’a Qunut Nazila

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ

 Artinya :

Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka”.
اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ

 Artinya : 

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu.

اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

 Artinya :

Ya Allah! Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat”.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ

 Artinya :

Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah! Sesungguhnya hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan, meminta ampunan, dan senantiasa memuji-Mu atas kebaikan yang diberikan. Kami tidak kufur kepada-Mu, dan kami berlepas diri serta meninggalkan orang-orang yang durhaka kepada-Mu”.
اَللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّى وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ. نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

 Artinya :

Ya Allah! Hanya kepada Engkau kami beribadah, hanya karena Engkau kami shalat dan sujud, hanya kepada Engkau pula kami berusaha dan berkhidmat. Kami sangat mengharap rahmat-Mu dan kami pun takut akan siksa-Mu, karena sesungguhnya siksa-Mu itu tidak akan pernah berkurang atas orang-orang kafir”.

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina dan Iraq

اللهم أَعِزَّ الإسلامَ و المسلمين , اللهم أَذِلََّ الشِركَ و المُشرِكِين , أللهم انْصُرْ اخوانَنَا المسلمين و المجاهدين و المُسْتَضْعَفِين , فى فلسطين و فى لُبْنَان و فى العراق وفى كل مكان و فى كل زمان

 Artinya :

Ya Allah! Muliakan Islam dan orang islam. Ya Allah! Hinakan Syirik dan musyrikin. Ya Allah! Tolonglah saudara-saudara kami yang muslim dan mujahidin dan golongan-golongan lemah, di Palestine, di Lubnan, di Iraq dan di semua tempat dan di semua masa.
Demikian ulasan singkat seputar beberapa lafadz bacaan doa qunut nazilah bahasa arab, latin dan terjemahannya. Guna dapat diamalkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada umat muslim diseluruh dunia. Hafalkan juga; Do’a Qunut Subuh. Terimakasih atas kujungan anda dan Semoga bermanfaat.

adsense-fallback