Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word, 100% Simple!

adsense-fallback

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word yang benar memang sekarang sangat dibutuhkan. Khususnya para akademisi yang menulis karya ilmiah. Semisal seorang dosen yang sedang membuat buku atau jurnal. Bahkan dalam tingkatan pelajar sekalipun juga sangat membutuhkan informasi penting ini. Guna meyakinkan para pembaca hasil tulisan kita. Maklum sekarang ini, banyak hoax.. sehingga diharapkan pembaca untuk menelaah informasi secara kritis. Baik keakuratan data, kutipan sumber dan lain sebagainya. Termasuk dalam hal ini, adanya catatan kaki dalam sebuah tulisan dapat meyakinkan pembaca.

Bagi kita yang sudah sering membuat karya tulis ilmiah mungkin sudah biasa dan tidak asing lagi dengan istilah footnote. Hal ini dikarenakan pentingnya footnote dalam dunia tulis menulis. Secara bahasa footnote adalah Catatan kaki. Maksudnya adalah catatan yang berada di bawah halaman microsoft word. Ketika membuat karya ilmiah penulisan footnote ini sering di anggap penting, hal ini diperlukan untuk mengetahui sumber tulisan yang kita buat. Agar karya ilmiah yang kita buat dapat dinyatakan sebagai karya ilmiah yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word

adsense-fallback

Terkadang sebagian dari pembuat karya ilmiah mengalami kesulitan untuk membuat footnote, Untuk itu, dirasa penting untuk mempelajari seputar Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word. Agar anda lebih terbiasa untuk membuat tulisan yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Minimal, pembaca tidak mempertanyakan lagi tentang keaslian tulisan anda. dan yang lebih penting adalah bukan kabar Hoax… hehe.

Cara Membuat Footnote

Langkah 1
Arahkan pointer ke kalimat yang mau diberi footnote.
Contoh : Kajian Keislaman di Indonesia.

Langkah 2
Kemudian arahkan pointer anda ke Menu Bar klik references
Setelah itu anda klik AB Insert footnote

Untuk Cara yang lebih cepat dapat melakukan, Tekan (Alt + Ctrl + F). Maka anda akan melihat bagian bawah halaman anda seperti ini

Langkah 3

Untuk tahap akhir yaitu kembali ke mode pengetikan, silahkan klik pada layar anda, terserah. Maka hasilnya footnote anda sudah jadi.

Langkah 4

Untuk menambahkan footnote silahkan ulangi lagi cara yang diatas.

Nah gimana brow atau sist seputar cara membuat footnote di microsoft word yang benar di atas. Mudah untuk dilakukan, sehingga anda jangan sampai tidak menambah catatan kaki pada karya tulisan anda. Seperti footnote di jurnal, karya ilmiah, makalah, buku atau lainnya. Setidaknya anda mempraktikkan cara membuat karya ilmiah yang valid dan dapat dijadikan sebagai rujukan orang lain.

Ketentuan penulisan footnote (catatan kaki)

Sebelum anda membuat catatan kaki, ada baiknya anda memerhatikan ulasan sebagai berikut:

  1. Nomor footnote agak diangkat sedikit di atas baris biasa, tetapi tidak sampai setinggi satu spasi. Dan ukurannya sedikit lebih kecil.
  2. Nomor itu jauhnya tujuh huruf dari margin atau tepi teks, atau sama dengan permulaan alinea baru. Jika catatan kaki terdiri lebih dari dua baris, baris kedua dan selanjutnya dimulai di garis margin atau tepi teks biasa.
  3. Nama pengarang ditulis menurut urutan nama aslinya. Pangkat atau gelar seperti Prof., Dr., Ir., dan sebagainya tidak perlu dicantumkan.
  4. Judul buku digaris bawah jika diketik dengan mesin ketik atau dicetak miring jika diketik dengan komputer.
  5. Jika buku, majalah, atau surat kabar ditulis oleh dua atau tiga orang, nama pengarang dicantumkan semua.
  6. Jika sumbernya berasal dari internet: Nama depan dan belakang penulis, “Judul dokumen,” nama website, alamat web komplit, tanggal dokumen tersebut di download.
  7. Pengarang yang lebih dari tiga orang, ditulis hanya nama pengarang pertama, lalu di belakangnya ditulis et al., atau dkk.

Demikian ulasan singkat seputar Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word yang dapat kita sampaikan. Guna dijadikan sebagai bahan pertimbangan buat anda yang sekarang ini sedang menulis karya ilmiah. Baik dalam bentuk buku, jurnal, maupun makalah. Terkait dengan cara kepenulisan footnote. Juga sudah saya jelaskan di atas. Namun jika informasi di atas dirasa kurang lengkap maka di lain kesempatan saya akan menulis secara lengkap tentang tata cara menulis catatan kaki dengan baik dan benar.

Buat anda yang ingin mengetahui informasi penting lainnya. Selain cara membuat footnote atau catatan kaki. Maka perlu kiranya anda membaca: Cara membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. karena pada dasarnya. Antara membuat daftar isi dan catatan kaki/footnote juga sama – sama penting. Maka jangan lewatkan informasi penting itu. Sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait;

  • cara membuat footnote dari jurnal
  • cara membuat catatan kaki dalam karya ilmiah
  • cara membuat footnote di word 2010
  • cara membuat catatan kaki di word 2007
  • contoh footnote dalam makalah
  • cara membuat footnote yang benar di word 2007
  • cara membuat footnote di word 2013
  • cara membuat footnote otomatis

adsense-fallback