Do’a Sholat Dhuha, Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap!

Do’a Sholat Dhuha, Bahasa Arab, Latin dan Artinya – Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu Pagi atau yang sering disebut dengan waktu dhuha. Waktu dhuha dimulai dari matahari setinggi tombak sampai matahari hampir berada di atas kepala. Untuk jumlah rakaat sholat dhuha sendiri paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak adalah dua belas rakaat. Sholat dhuha ialah sholat sunah yang sangat istimewa karena memiliki banyak keutamaan atau manfaat. di bawah ini kita berikan ketarangan beberapa manfaat dari mengerjakan shalat sunnah dhuha.

  • Sholat Dhuha merupakan wasiat dari Rasulullah Saw.
  • Sholat Dhuha 2 rakaat pahalanya sama dengan sedekah yang dilakukan oleh 360 ruas tulang.
  • Sholat Dhuha 2 rakaat dapat menggantikan tasbih, tahmid dan tahlil amar makruf dan nahi mungkar.
  • Sholat Dhuha 4 rakaat yang dikerjakan dipagi hari, akan di balas Allah Swt, dengan mencukupi keperluan orang tersebut pada siang harinya.

Dari salah satu keutamaan di atas jika anda ingin dilancarkan rizekinya maka sebaiknya kita mengamalkan sholat Dhuha setiap hari. Namun yang pasti adalah, niat iklas hanya karena Allah SWT ketika mengerjakan sholat sunnah dhuha lebih diutamakan dibandingkan mengerjakan shalat sunnah hanya semata-mata menginginkan urusan duniawi. Benarkan kan sahabat.. Setidaknya agar kita lebih tenang dan nyaman setelah melaksanakan / mengerjakan shalat sunah dhuha.

Bacaan Do’a Sholat Dhuha

Untuk bacaan niat sholat dhuha hampir sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Kemudian setelah mengerjakan sholat Dhuha, dianjurkan untuk melanjutkan membaca wirid. Setelah itu, membaca doa setalah sholat Dhuha, Berikut ini adalah bacaan doa setelah mengerjakan sholat Dhuha lengkap dengan bahasa latin dan artinya.

Do'a Sholat Dhuha bahasa Arab

Do’a Sholat Dhuha bahasa Arab

Tata caranya sama dengan sholat sunnah dua rakaat pada umumnya, yaitu:

  1. Niat
  2. Takbiratul ikram, lebih baik jika diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an, tetapi lebih diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Asy-Syams, Al-Lail, dan Surat Asy-Syarh.
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Bisa surat Adh Dhuha atau lainnya.
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Tata cara sholat dhuha di atas dikerjakan hanya 2 rekaat. Namun jika anda ingin melakukan lebih dari dua rekaat maka tinggal mengulang cara di atas. dan satu lagi gan yang lebih penting adalah melakukan sholat dhuha ini sebaiknya dilakukan setiap 2 rekaat salam. .

Bacaan Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Do’a Sholat dhuha Latin

# Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

# Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Arti Do’a setelah Dholat Dhuha

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

Itulah bacaan doa setelah mengerjakan sholat sunnah dhuha beserta latin dan terjemahnya. Yang dapat kita baca setelah mengerjakan sholat dhuha. Semoga dengan selalu mengerjakan sholat dhuha setiap hari. Allah Swt, selalu mencukupkan rezeki kepada kita semua. Aamiinnnn

Baca juga: Do’a Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap!

Pencarian Terkait:

  • doa sholat dhuha lengkap
  • dzikir setelah sholat dhuha
  • doa sholat dhuha latin
  • bacaan tasbih sholat dhuha
  • niat sholat dhuha 4 rakaat
  • niat sholat dhuha latin
  • doa sholat dhuha mp3
  • doa mustajab sholat dhuha

Do’a Sholat Dhuha, Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap! | admin _brow | 4.5