Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab yang Harus Anda Tahu, Lengkap!

Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab selama lebih dari sepuluh tahun  sebagai Amīrul Mukminīn dan kepala pemerintahan penuh dengan capaian prestasi.  Umar Bin Khattab sebagai Khalīfah tidak sekadar kepala negara dan kepala pemerintahan, lebih-lebih dia sebagai pemimpin umat. Ia sangat  dekat dengan rakyatnya dan berusaha menempatkan diri sebagai salah seorang  dari mereka. Meski telah masuk Islam, peranannya bagi masyarakat jahiliah sebelum ia masuk Islam, kepribadiannya sebagai manusia Arab dan kemudian sebagai Muslim merupakan teladan yang sukar dicari tolok bandingnya dalam sejarah.

Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab

Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab
Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab
Pada masa kepemimpinan Umar bin khattab, selain sebagai kepala pemerintahan, ia juga berperan sebagai seoarang Fāqih. Peranannya dalam ijtihad dan pengaruhnya terhadap perubahan pandangan hukum berpengaruh besar pada masanya hingga saat ini. Di kalangan Muslimin, Umar Bin Khattab terkenal karena ijtihadnya yang luar biasa dan berani dalam memecahkan masalah-masalah hukum, sekalipun yang sudah termaktub dalam al-Qurān.
Kehadiran Rasūlullah Muhammad Saw, telah membawa perubahan yang sangat besar bagi masyarakat Arab khususnya Umat Islam. Selain lihai dalam menyelesaikan masalah politik dan urusan konstitusional Rasulullah SAW juga merubah sistem ekonomi dan keuangan negara, sesuai dengan ketentuan Al-Qurān. Dalam Al-Qurān telah dituliskan secara jelas semua petunjuk bagi umat yang tentunya dapat diambil dan diadopsi menjadi petunjuk untuk  semua urusan manusia[1].
Pada masa  khulafāur rāshidīn, syariat Islam juga tidak dapat diberlakukan secara sempurna. Saat itu, para sahabat  dihadapkan pada berbagai kenyataan hidup dan kondisi sosial yang berbeda dengan yang terjadi pada masa Rasul, sehingga menuntut mereka untuk melakukan ijtihad, serta bermusyawarah di antara mereka. Suatu saat, para sahabat dapat saja sependapat dan bersepakat mengenai satu hal, tetapi  pada saat lain tidak menutup kemungkinan justru berselisih pendapat. Hal tersebut juga terjadi pada masa kekhalifahan Umar Bin Khattab.

Keistimewaan sebelum masa kepemimpinan umar bin khattab

Umar bin khattab adalah seorang yang dipandang sebagai penggagas terbentuknya ilmu pemerintahan Islam. Dia adalah seorang yang pertama kali memberikan ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan baku yang terkait dengan hukum dan peradilan, bagaimana mengatur pemerintahan dengan membaginya ke beberapa daerah kecil untuk lebih mudah mengaturnya dan sebagainya.
Umar bin khattab adalah seorang yang dalam memutuskan sesuatu yang terkait dengan hukum, selalu berpegang teguh pada al-Qur’ān sebagai perundang-undangan (dustur) utama dan pertama. Setiap pandangan hukum yang dikeluarkannya selalu dibangun berdasarkan ketentuan tersebut, dan tidak pernah menyalahinya.
Akan tetapi sebagian besar pemahaman yang dibentuk untuk menetapkan suatu hukum, oleh Umar Bin Khattab tidak lepas dari aspek-aspek kemaslahatan masyarakat (umat), seperti menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, kebaikan, tolong menolong, dan penegakan hak-hak yang ada dalam masyarakat, termasuk dalam kebijakan-kebijakan ekonomi. Umar Bin Khattab terkenal sangat berani melakukan ijtihad, hal ini dilakukan karena Umar melihat lebih jauh dan lebih dalam terhadap ajaran Islam, yaitu adanya prinsip kemaslahatan umat[2].
Nah mungkin itu sedikit informasi tentang Masa Kepemimpinan Umar Bin Khattab yang Harus Anda Tahu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.


[1]Quthb Ibrahim Muhammad, Kebijakan Ekonomi Umar bin Khaţţāb(Jakarta: Pustaka Azzam, 2002), 8.

[2]Abbas Mahmud Aqqad, Keagungan Umar bin Khaţţāb (Solo: Pustaka Mantiq, 1992), 46.

Tinggalkan komentar